Minggu, 25 September 2011

Pengertian Pendidikan


Pengertian Pendidikan :

  1. Menurut Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa dimana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, dimana melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.


2.      Menurut UU No. 20 tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. (hal. 3)

Sumber : Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta. Dicetak PT. Kloang Klede Putra Timur Bekerja sama dengan Koperasi Primer Praja Mukti I Departemen Dalam Negeri.



3.      Menurut Langeveld

Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa.

Sumber : Hasbullah. Dasar Ilmu Pendidikan. 2005. Jakarta. Penerbit: PT RajaGrasindo Persada


4.      Menurut John Dewey

Education is all one growing; it has no end beyond it self, pendidikan adalah segala sesuatu bersamaan dengan pertumbuhan; pendidikan sendiri tidak punya tujuan akhir dibalik dirinya. Dalam proses pertumbuhan ini anak mengembangkan diri ke tingkat yang makin sempurna atau Life Long Education, dalam artian pendidikan berlangsung selama hidup. (hal. 2)

Sumber : Elmubarak Zaim, Membumikan Pendidikan Nilai, 2009, cetakan ke-2, Bandung, Alfabeta.

5.      Pendidikan adalah suatu fenomena psikis manusia berupa dorongan belajar untuk mendapat pengetahuan baru dari segala jenias pengalaman dan penilaian yang muncul disepanjang perjalanan hidup dan kehidupannya. Karena hanya dengan pengalaman baru, manusia bias menjaga kelangsungan hidup dan kehidupan ini. Sementara itu dengan pengalaman baru itu pula  manusia dapat melakukan perubahan pandang , pola pikir, pola sikap,dan pola prilaku, sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan kehidupan yang nyata menurut tuntutan zamannya. Keadaan seperti itu berlangsung secara terus menerus dari generasi ke generasi sepanjang eksistensi kehidupan di dalam setiap jenis, bentuk, dan tarafnya.

Sumber :  Suhartono, Suparlan. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM. Halaman 28 – 29.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar