Minggu, 25 September 2011

Pengertian Mendidik


Pengertian Mendidik :


1.      Mendidik” dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mengantarkan anak didik ke arah kedewasaan baik secara jasmani maupun rohani. Oleh karena itu “Mendidik” dikatakan sebagai upaya pembinaan pribadi, sikap mental dan akhlak anak didik. “Mendidik” tidak sekedar transfer of knowledge, tetapi juga transfer of values. “Mendidik” diartikan secara utuh, baik matra kognitif, psikomotorik maupun afektif, agar tumbuh sebagai manusia yang berpribadi.

Sumber : Sardiman. 2005. Interaksi dan motivasi belajar “MENGAJAR”. Jakarta. Raja Grafindo. Halaman 51.

2.      Mendidik ialah usaha untuk mengajar anak, apa yang jarang dijumpai pada orang dewasa. (Karl Heinz Pickel)


3.      Mendidik adalah mengajak (memotivasi, mendukung, membantu, menginspirasi, dst) orang lain untuk melakukan tindakan positif yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain (lingkungan).


4.      Mendidik adalah proses membuat tunas berkembang baik dan menjadi besar. Karenanya mengawali pendidikan anak dengan proses yang benar adalah awal perjalanan. Awal yang baik pendidikan dini adalah setengah dari perjalanan hidup anak di masa depan.

5.      Heageveld mengatakan mendidik adalah membantu anak dalam mencapai Kedewasaan

5 komentar:

  1. Dalam pembelajaran kurikulum 2013 sangat kental sekali usaha untuk mendidikitu. Karena sangat terkait pada pembangunan karakter peserta didik.Anak hendaknya memiliki nilai - nilai luhur seperti nilai nainalisme,humanisme , berakhlak mulia dan mencintai sesama serta berjuamng untuk terus belajar dan belajar hingga dapat memamfaatkan ilmu dan ketrampilan yangh dikiliki untuk kegunaan dirinya dan orang lain

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat bermanfaat.

    Saya juga menuliskan hal yang sama, yaitu tentang Defenisi Mendidik Bagi Seorang Guru.

    Senang rasanya, bila anda juga tertarik untuk mengunjungi artikel saya. Terimakasih.

    BalasHapus